Umroh Ramadhan

Umroh RamadhanMerupakan Umroh yang dilaksanakan tepat pada hari Ramadhan. Hal ini memang tidak asing lagi terlebih dilakukan pada bulan yang penuh berkah serta kebaikan.

Namun secara keseluruhan Umroh Ramadhan akan sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Umroh pada hari lain atau bulan yang berbeda. Perbedaan yang paling signifikan biasanya terdapat pada biaya yang akan diberikan.

Memang tidak bisa di pungkiri bila Umroh Ramadhan memiliki permintaan yang sangat tinggi. Baik itu permintaan tiket pesat keberangkatan serta tiket pesawat untuk kembali lagi. Besarnya biaya yang dibutuhkan saat menjalankan Umroh Ramadhan lebih sering terjadi karena adanya perubahan biaya yang terjadi pada penginapan, maskapai penerbangan serta kebutuhan lainnya.

Meskipun memerlukan biaya yang sangat besar untuk menjalankan ibadah tersebut. Kembali lagi pada keyakinan dimana ibadah harus dijalankan dengan keikhlasan saat menjalankannya. Maka tidak heran sekalipun diberikan harga yang mahal tetap banyak jamaah Umroh yang berangkat di Tanah Suci.

 

Pada dasarnya menjalankan ibadah Umroh Ramadhan mendapatkan keutamaan di dalamnya. Diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Memiliki Nilai Yang Sama Dengan Haji

Kesamaan di sini bukan dimaksudkan adalah mendapatkan pahala yang sama dengan Umroh Haji. Tetapi tetap ada perbedaan yang mana Umroh Ramadhan tidak sama dengan Haji dari keseluruhannya.

Apabila seseorang memiliki kewajiban haji kemudian dirinya Umroh di bulan Ramadhan, tidak akan bisa dikatakan orang tersebut dapat menggantikan haji.

 

  1. Mendapatkan Pahala Yang Berlipat Ganda

Apabila menjalankan ibadah Umroh di bulan Ramadhan maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini seperti dikutip melalui makna berikut:

Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.”

(HR. Al-Mahamili dalam Al-Amali 5: 50 dan Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya 1887. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini munkar seperti dalam Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha’ifah no. 870)

 

  1. Doa Yang Disampaikan Akan Dikabulkan

Ketika menjalankan Umroh Ramadhan, maka doa juga akan dikabulkan. Hal tersebut dikarenakan menjadi doa bagi mereka yang bisa datang sebagai tamu Allah.

Disampaikan juga menurut kutipan berikut:

Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya“.

(HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

 

  1. Dosa Akan Dihapuskan

Hal lainnya yang akan didapatkan bila menjalankan ibadah Umroh Ramadhan yakni dihapuskannya dosa-dosa. Dikarenakan seseorang menjadi tamu Allah.

Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga

(HR. al-Bukhari dan Muslim).

 

Secara keseluruhan ada banyak hal yang akan didapatkan bila menjalankan ibadah Umroh Ramadhan. Hal tersebut memang tidak lepas dari hari suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun Umroh yang dijalankan bukan pada hari Ramadhan juga tetap mendapatkan pahala.

Karena ibadah dan menghadap yang maha kuasa merupakan hal yang suci dan memiliki makna yang positif.

Sekalipun juga belum bisa menjalankan ibadah Umroh karena tidak memiliki cukup biaya. Pada dasarnya menjalankan rukun Islam juga sudah mendapatkan pahala.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *